Dinas komunikasi Dan Informatika

Rapat Konsultasi PKK Kab. Madina Tahun 2019

Diskominfo – Madina. Rapat konsultasi PKK merupakan agenda rutin tahunan PKK yang bertujuan untuk menindaklanjuti hasil rapat konsultasi nasional dan rapat konsultasi provinsi sumatera utara terhadap perubahan dan perkembangan kebijakan pemerintah maupun PKK, dalam bidang kelembagaan, administrasi dan program prioritas, juga permasalahannya dan solusi bersama. Dalam pelaksanaan gerakan PKK di daerah khususnya di Kabupaten Mandailing Natal.

Rapat konsultasi PKK Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 mengangkat thema “Melalui rapat konsultasi PKK kita laksanakan pencegahan stunting untuk mewujudkan keluarga sehat dan unggul”, yang dilaksanakan di Hotel Rindang, Jalan Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Parbangunan, Panyabungan. Sabtu (14/12/2019)

Stunting telah menjadi permasalahan dan perhatian pemerintah, karena menyangkut kesiapan sumber daya manusia dalam pembangunan saat ini dan yang akan datang. Stunting adalah kondisi ketika anak lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, atau dengan kata lain, tinggi badan anak berada di bawah standar. Standar yang dipakai sebagai acuan adalah kurva pertumbuhan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Di Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi ke-3 untuk jumlah stunting terbanyak. Pada tahun 2018, walaupun jumlahnya turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, masih ada 3 dari 10 balita Indonesia yang mengalami stunting.

Penyebab Stunting Pada Anak yaitu Stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan, yaitu semenjak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan protein. Stunting pada anak bisa disebabkan oleh masalah pada saat kehamilan, melahirkan, menyusui, atau setelahnya, seperti pemberian MPASI yang tidak mencukupi asupan nutrisi.

Ciri-Ciri Anak Mengalami Stunting yaitu

  1. Stunting pada anak akan terlihat dari perawakan anak yang kerdil saat mencapai usia 2 tahun, atau lebih pendek dibandingkan anak-anak seusianya dengan jenis kelamin yang sama.
  2. Anak dengan stunting akan mengalami penurunan tingkat kecerdasan, gangguan berbicara, dan kesulitan dalam belajar.
  3. Anak dengan stunting juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, sehingga lebih mudah sakit, terutama akibat penyakit infeksi.

Mencegah Stunting pada Anak adalah gangguan tumbuh kembang akibat stunting bersifat menetap, yang artinya tidak dapat diatasi. Namun, kondisi ini sangat bisa dicegah, terutama pada saat 1000 hari pertama kehidupan anak, dengan cara sebagai berikut:

  • Penuhi kecukupan nutrisi ibu selama kehamilan dan menyusui, terutama zat besi, asam folat, dan yodium.
  • Lakukan inisiasi menyusui dini dan memberikan ASI eksklusif.
  • Lengkapi pengetahuan mengenai MPASI yang baik dan menerapkannya.
  • Biasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air, terutama sebelum menyiapkan makanan dan setelah buang air besar atau buang air kecil, meminum air yang terjamin kebersihannya, dan mencuci peralatan makan dengan sabun cuci piring. Semua ini dilakukan untuk mencegah anak terkena penyakit infeksi.

Rapat konsultasi PKK dibuka langsung oleh Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution yang diwakilkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, SH, MM, dalam sambutannya “Sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang telah ikut berperan dalam peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal, kemitraan dan kerjasama dengan instansi pemerintah rangka membantu tim penggerak PKK menjalankan program pokok PKK, Tim penggerak PKK Kabupaten harus mengakomodir aspirasi PKK Kecamatan mengingat para kader PKK tingkat bawah lebih memahami kondisi dan potensi wilayah kerjanya, oleh karena itu ciptakan rakon ini dalam suasana demokratis, berpartisipasi aktif serta dapat menselaraskan dengan program pemerintah sehingga dapat dilaksanakan sampai kepada akar rumput yaitu keluarga”

“Terkait dalam program PKK agar memprogramkan kegiatan dan menganggarkan dana untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat teknis sesuai dengan bidang masing-masing dalam pencegahan stunting di desa-desa adalah tumpuan pemerintah dalam upaya menekan angka stunting, generasi sehat dan cerdas merupakan penopang terciptanya generasi emas Indonesia mendatang. Percepatan perbaikan gizi membutuhkan komitmen kuat dari berbagai pihak, PKK sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan memiliki peran pembinaan yang sangat strategis” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, SH, MM

Dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution mengatakan “melalui rapat konsultasi PKK kita laksanakan pencegahan stunting untuk mewujudkan keluarga sehat dan unggul, semua jajaran tim penggerak PKK di Kabupaten Mandailing Natal telah giat dalam mengaplikasikan 10 program PKK, namun dinamisnya gerakan pembangunan nasional menuntuk tim penggerak PKK harus berubah dengan cepat sejalan dengan proses pembangunan itu sendiri, kita harus cepat membuang persepsi bahwa program PKK hanya sebagai simbol saja, bila dipahami dan dilaksanakan dengan baik program PKK menjawab permasalahan sosial dasar dari setiap keluarga di lingkungan masyarakat”

“untuk itu kami dari TP PKK bermohon dengan sangat kepada Bapak Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution selaku ketua pembina TP PKK Kabupaten Mandailing Natal kiranya dapat menegaskan kepada para kepala OPD hal-hal sebagai berikut:

  1. TP PKK bersifat penggerak dalam kemitraan dengan pemerintah daerah sehingga kesuksesannya tidaklah berdiri sendiri.
  2. PKK bukanlah instansi teknis yang memahami dengan details program-program teknis, sehingga para OPD harus berkenan untuk membantu, menampung anggaran dan melaksanakannya dengan baik untuk suatu kesuksesan.

Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *