IMAMI Berkunjung Ke Tanah Leluhur

Sebanyak 76 orang masyarakat yang tergabung dalam ikatan Mandailing Malaysia – Indonesia berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam kunjungannya ke Mandailing Natal tersebut rombongan disambut Bupati Mandailing Natal, Bapak Drs.H.Dahlan Hasan Nasution bersama dengan Pejabat Teras di lingkungan Pemkab Madina, Kamis (22/11).

Ketua rombongan IMAMI, Abdul Karim Hasibuan menyampaikan, program Mulak Tu Huta 2018 atau pulang kampung ke tanah leluhur ini merupakan hal yang istimewa karena ada sebanyak 76 orang anggota yang tergabung dalam IMAMI tersebut ikut dalam program ini.

“Partisipasi anggota ini merupakan manifestasi atau cerminan daripada kekentalan semangat dan keinginan para peserta untuk melihat sendiri tanah asal nenek moyangnya yang berhijrah ke tanah Melayu (Malaysia) sejak awal 1800,”katanya.

Dalam kunjungannya ke wilayah Tapanuli Bagian Selatan selama lima (5) hari kedepan rombongan ini juga akan mengunjungi beberapa kabupaten yang berada di Tapanuli Bagian Selatan seperti Kabupaten Tapanuli Selatan, Padang Sidimpuan dan Kabupaten Paluta.

Di Kabupaten Mandailing Natal para rombongan melakukan agenda kegiatan seperti Margordang, ziarah ke makam Sibaroar di Panyabungan Tonga, Markorja (pesta) di Desa Huta Puli dan menyerahkan bantuan kepada korban Banjir Muara Saladi.

Untuk bantuan kepada korban banjir di Muara Saladi Kecamatan Ulu Pungkut, IMAMI memberikan bantuan senilai 22 451 ringgit  (78,5 juta).

Bantuan ini nanti akan diperuntukkan kepada ahli waris yang meninggal dalam Banjir Muara Saladi, perbaikan Madrasah dan korban luka-luka akibat banjir itu.

“Sedangkan di Padang Sidimpuan nantinya kita akan melakukan silaturahmi sementara di Paluta akan mengunjungi Candi Bahal Portibi,” ujarnya.

Ramli menyebutkan, sejak program Mulak Tu Huta ini dibuat tahun 2012 yang lalu hingga saat ini sudah membawa 312 orang peserta ke tanah leluhurnya di Tabagsel.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini hendaknya berlanjut dan dilestarikan,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*